11 January 2019

AYO! Ambil Peran Untuk Pembangunan Nasional

Sahabat LPS pasti sadar dong kalau Sistem perbankan nasional adalah kunci dari pembangunan nasional. Mereka yang mengambil peran penting untuk para pelaku usaha, konsumen, dan pihak lainnya untuk dapat mengembangkan jangkauan dari kegiatan ekonomi mereka. Ray Dalio, seorang investor yang berasal dari Amerika Serikat aja bilang kalau di zaman ekonomi modern, cuma sekitar 3% merupakan Uang tunai, sisanya yang ada di sirkulasi roda ekonomi adalah hasil dari pinjaman. Makanya.. kesehatan institusi perbankan di Indonesia itu sangat penting pastinya untuk pembangunan nasional.

Berdasarkan fungsinya, bank itu adalah institusi keuangan yang memiliki fungsi intermediary, dimana bank menghimpun dana dari masyarakat sebagai simpanan dan kemudian menyalurkannya sebagai kredit. Dari sinilah bank memperoleh keuntungan dari selisih bunga kredit dan bunga simpanan.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) di dirikan setelah krisis ‘98 yang melanda Indonesia dengan hebat. LPS adalah lembaga yang punya mandat untuk menjamin simpanan nasabah dan ikut serta menjaga stabilitas sistem perbankan. Dengan adanya LPS, kita gak perlu takut lagi simpanan kita hilang di bank. Pasti aman! karena dijamin oleh LPS. Jangan sampe Indonesia mengulangi kelalaian pada tahun ‘98 dimana kredit jangka panjang yang di pasarkan di pasar saham dinilai sebagai “junk bonds”, yang mengakibatkan resesi yang cukup besar.

Sahabat LPS juga harus tau kalau di jaman sekarang, kita di hadapkan dengan sistem ekonomi yang berbasis pada besarnya kredit, dan kredibilitas peminjamnya untuk dapat membayar kredit tersebut. Dengan sistem kredit yang kuat, kita bisa meningkatkan konsumsi yang bakalan memutar roda produksi. Dengan terrputarnya roda produksi itulah pembangunan nasional dapat terjadi. Tingginya tingkat produksi di Indonesia juga akan meningkat dari rata-rata pendapatan nasional yang bisa menyongsong kualitas hidup yang lebih baik buat masyarakat Indonesia.

Pada akhirnya pembangunan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dari rakyatnya harus di dukung juga oleh institusi perbankan bangsa yang sehat dan kuat. LPS hadir sebagai sahabat nasabah yang memiliki kepedulian atas adanya rasa aman dan nyaman masyarakat terhadap simpanannya di bank. Dengan demikian, LPS memiliki peran besar atas terwujudnya cita-cita pembangunan nasional yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Oleh: Ikra Wiratama Hendra

(Anggota Pramuka Ambalan Jakarta Pusat 08-149)

Bagikan