02 January 2019

Generasi Milenial di Industri Digital

Milenial, generasi yang mendominasi kaum muda produktif di masa kini. Generasi yang lahir setelah generasi X, tepatnya pada kisaran tahun 1980-2000an. Kaum muda yang disebut generasi millennials itu menjadi perbincangan di banyak aspek. Di zaman yang serba mudah dan serba maju ini tidak pernah lepas dari yang namanya digital.

Saat ini semua orang khususnya generasi milenial sangat melekat dengan dunia digital. Bahkan generasi milenial diprediksi akan menjadi populasi terbesar di tahun 2020 dan ikut serta membangun ekonomi melalui dunia digital. Generasi milenial disebut juga generasi digital native yakni kalangan muda yang banyak melakukan aktivitas kehidupannya melalui internet. Rata-rata milenial mengandalkan semuanya di internet, karena lebih praktis dan membuat kemudahan dalam banyak hal. Siapa yang tidak suka kalau bisa melakukan semuanya hanya dalam genggaman. Tapi apakah kemajuan dari digital dan tekonologi memberi dampak yang baik atau bahkan malah memberi dampak kurang baik bagi generasi milenial saat ini?

Pertama, banyak milenial yang hanya mengandalkan handphone untuk melakukan semua aktivitas sehari-hari mereka. Ini menjadi dampak negatif karena bisa membuat generasi sekarang menjadi malas. Kedua, bukan hanya dampak negatifnya saja tapi dari positifnya milenial jadi lebih aktif untuk ikut serta dalam kegiatan- kegiatan yang ada di digital, seperti ikut mengutarakan pendapat melalui social media mereka, atau ikut mendukung acara yang ada di digital.

Lalu, apa pengaruhnya generasi milenial bagi industri digital? Saat ini milenial telah melakukan banyak perubahan dalam dunia kerja khususnya selama kurang lebih satu dekade. Gagasan dan karakter banyak terjadi di dunia kerja, dan banyak pula perubahan di industri digital yang dilakukan generasi milenials, industri digital tumbuh 9,98%-10,7% per tahun selama kurang lebih 6 tahun terakhir ini. Tidak hanya itu, riset yang dilakukan Michael Page pada tahun 2016 menunjukan bahwa perkembangan industri digital yang marak belakangan ini di Indonesia, menjadi pemacu tumbuhnya jumlah lowongan pekerjaan di sektor ini hingga 60% dalam setahun terakhir.

Jadi sebenernya industri digital dan milenial sama-sama mempengaruhi dan juga di pengaruhi oleh satu sama lain. Yang dampaknya bisa ikut serta membangun pertumbuhan di Indonesia.

Bagikan