31 October 2018

Manfaat Menabung Untuk Kehidupan Sehari-hari

Ingat peribahasa “Hemat pangkal kaya” atau bahkan mengamini jargon “Muda foya-foya, tua kaya raya”? Kata-kata tersebut sepertinya sudah lama eksis dalam kehidupan sehari-hari. Benar, kalau kita menghemat uang, kita bisa kaya atau membeli barang yang kita inginkan.

Salah satu cara untuk menghemat uang adalah menabung di Bank. Ada banyak fasilitas dan fitur yang ditawarkan oleh bank-bank terkemuka. Namun gak banyak yang tahu manfaat apa yang diperoleh jika menabung di bank, selain mendapatkan bunga.

 

FUNGSI BANK

Sebelum mengulik apa manfaat jika menabung di bank. Yuk, kita bahas dulu apa fungsi Bank secara umum. Jadi Bank adalah sebuah lembaga yang menghimpun dan menyalurkan dana dari dan bagi masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup.\

Di Indonesia sendiri, berdasarkan Undang-Undang Perbankan; Bank mempunyai tiga fungsi utama yaitu:

  • Menghimpun dana dari masyarakat
  • Menyalurkan dana untuk masyarakat
  • Menyediakan layanan jasa Bank

Gak usah bingung, Kalau baca penjelasan di atas kesannya ekonom banget yaaah. Nah, sekarang kita bahas nih apa aja sih manfaat yang bakal didapat dan kenapa harus nabung di Bank.

 

NABUNG BIAR TETAP EKSIS

Hari gini gak eksis? Wah, bisa-bisa kamu dianggap ketinggalan zaman. Masalahnya apakah kita bisa eksis tanpa kehabisan uang?

Santai! Ada banyak cara biar eksis jalan terus tanpa harus membebani keuangan kita. Salah satunya adalah menabung di bank. Lho, kok bisa?

Pertama, dengan menabung di bank, kamu sudah bisa mulai untuk mengatur keuangan dengan baik dan benar. Memilah berapa banyak yang harus dibagi untuk tiap kebutuhan. Kamu juga bisa memiliki dua rekening yang berbeda untuk masing-masing keperluan seperti jajan dan bahkan investasi jangka panjang saat kamu ingin pensiun dari pekerjaan. 

Kedua, bersiap menghadapi hal yang gak diinginkan. Ada kalanya muncul kebutuhan mendesak yang gak bisa dihindari. Dengan menabung di bank, kamu akan memiliki dana darurat yang bisa dipakai kapan saja. Kamu bisa merencanakan liburan ke luar negeri sedari awal dengan cara menabung di bank atau nonton konser musik idaman di Coachella.

Tuh kan, banyak banget manfaatnya menabung di bank. Bisa tetap eksis, tanpa harus membebani keuangan kamu tiba-tiba. Masa depan bisa terjamin pula.

 

KENAPA HARUS NABUNG DI BANK

Nah ini adalah alasan lain kenapa harus di bank. Kan bisa nabung di bawah bantal misalnya? Bisa sih, tapi itu so last year. Selain bunga yang didapatkan, uang kamu juga dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Asik kan? Jadi kamu gak perlu khawatir kalau sewaktu-waktu ada hal yang gak diinginkan dari bank pilihanmu.

Menabung emang butuh komitmen. Tapi bukan berarti kamu gak bisa ikutin lifestyle yang lagi happening. Selain itu, kamu juga bisa lebih tenang menitipkan uang kamu di bank karena ada badan yang menjamin.

Nah udah siap muda foya-foya, tua kaya raya? Makanya buruan nabung di bank dan bikin rencana masa depanmu.

Bagikan