11 January 2019

Nabung di Bank Untuk Pergi ke Jambore Dunia 2023 di Korea

Sahabat LPS tau gak apa itu Jambore? Itu loh, pesta besar pramuka tingkat penggalang atau setingkat SMP, yang dijamin seru dan mengasyikan. Sesuai dengan namanya, pramuka penggalang akan ditantang dengan perlombaan seru dan acara – acara yang menarik seperti outbound dan jalan – jalan. Nantinya, mereka akan bersenang – senang. Berkenalan, bertemu orang baru yang gak cuma diluar rumah, tapi bisa sampai ke luar negeri loh! Mereka juga akan belajar arti dari kerjasama, pertemanan, menjadi pemimpin, berencana, bertindak, dan masih banyak lagi. Pokoknya, Jambore itu menyenangkan banget deh. Wah masih nggak percaya ya?

Dilansir dari polka.id, pada tahun 2016, Indonesia mengadakan Jamborenya yang ke-10 pada tanggal 14 Agustus sampai 21 Agustus di Bumi Perkemahan Cibubur, dan jangan salah, pesta ini berskala Nasional loh. Banyangkan, kalau kamu jadi peserta waktu itu, kamu bakal bertemu dengan teman sebayamu dari seluruh pelosok negeri dari sabang sampai marauke, itu karena peserta yang diikutsertakan pada Jambore Nasional sebanyak 25.000 orang! Wah banyak ya.

Kamu tahu gak, kalau dalam pesta besar Jambore Nasional ini, ada sebuah tradisi dimana pramuka penggalang dari daerah berbeda, mereka akan saling bertukar cinderamata pramuka khas daerahnya. Ada yang memberikan lencana khas daerahnya, pernak – pernik, bahkan ada juga loh yang bertukar nomor telepon, hihihi. Intinya, selama kamu disana, kamu tidak hanya akan mengikuti kegiatan yang seru dan menarik, kamu juga akan berkenalan dengan banyak teman di berbagai daerah diseluruh Indonesia.

Eits tunggu dulu, kalau kamu pikir Jambore itu hanya ada di Indonesia, kamu salah besar. Karena Jambore itu, diadakan tidak hanya sampai pada tingkat Nasional, tapi ada juga yang sampai pada tingkat dunia, bayangkan, DUNIA! Kamu sudah pasti gak akan bertemu teman yang sama dari segi bahasa dan raut wajah, kamu akan benar – benar bertemu teman yang sangat baru bagi kamu. Karena semua hal yang ada pada dirimu, akan sangat berbeda pada dirinya. Ga percaya?

Dilansir oleh news.detik.com, sebanyak 33.000 peserta pramuka penggalang sedunia berkumpul di Bumi Perkemahan Kirarahama, Yamaguchi, Jepang pada tahun 2015. Mereka bersama – sama berpesta ala pramuka seperti mengikuti perlombaan dan berekreasi. Tidak lupa mereka juga saling berkenalan dan banyak yang berteman akrab walaupun mereka ada di belahan dunia yang berbeda. Pasti mereka juga bertukar cinderamata khas negaranya pada negara-negara lain. Jambore Dunia sudah pasti gak akan kalah serunya dengan Jambore Nasional yang diadakan dua tahun belakangan.

Kamu gak sabar ya, ingin tau lebih lanjut tentang Jambore Dunia? Tenang, Jambore Dunia selanjutnya akan diselenggarakan di Amerika pada tahun 2019 dan Korea Selatan pada tahun 2023. Tentu aja banyak hal yang harus kamu persiapkan untuk gak cuma menghadiri pesta besar tersebut, tapi segala keperluan kamu disana harus kamu pikirkan juga. Pakaian, makanan, dan lain sebagainya termasuk yang paling utama adalah dana. Nah, menjelang Jambore dunia di Korea Selatan nanti, kamu bisa mulai menyisihkan uangmu untuk ditabung di bank, dan jangan khawatir, karena Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menjamin uangmu tetap aman di bank. Lalu, tunggu apa lagi? Buruan sisihkan uang kamu seperti Dasa Dharma nomor tujuh, yaitu hemat, cermat, dan bersahaja, dan jadikan LPS sebagai sahabat yang menjamin uangmu tetap aman sampai Jambore Dunia di Korea Selatan datang.

Penulis :

Excel Alkamandaka (Anggota DKD Pramuka Provinsi DKI Jakarta)

IG : excelalkamandaka

Bagikan