Jangan Tertipu, Seperti Ini Mengidentifikasi KTA Palsu

Rabu, 11 September 2019 - 23:17 WIB

Sebagai produk perbankan, Kredit Tanpa Agunan (KTA) sebenarnya aman. Namun, ada saja penyedia KTA palsu yang menipu nasabahnya. Supaya aman dalam memanfaatkannya, Sahabat LPS harus tahu beberapa ciri yang sering menunjukkan KTA tersebut abal-abal.

Memberi Penawaran Lewat SMS

Jika mendapat penawaran KTA hanya dengan SMS, Sahabat LPS wajib waspada. Terlebih jika nomor telepon yang digunakan tidak jelas dan hanya nomor personal. Coba pikirkan, mana mungkin institusi kredibel mencari nasabah hanya dengan cara tersebut?

Meminta Data Lewat Email

Ada pula KTA palsu yang mencari korban dengan menawarkan kemudahan. Mereka mengaku akan mencairkan dana yang diperlukan dengan mudah asalkan nasabah mau mengirimkan data-data pribadinya lewat email. 

Kalau mengalaminya, Sahabat LPS wajib mewaspadainya. Apalagi jika diminta mengirim berkas kelengkapan lain seperti KTP, ATM, Buku Bank, hingga kartu kredit. Bisa jadi itu hanya penipuan untuk mendapatkan data-data pribadi yang bisa disalahgunakan.

Menjanjikan Penawaran Menggiurkan Lewat Telepon

Telemarketing memang sudah menjadi hal biasa. Namun, Sahabat LPS tetap harus berhati-hati kalau mendapat tawaran KTA hanya dari telepon. Apalagi jika penelepon tidak jelas dan memberi penawaran menggiurkan.

Sahabat LPS harus berpikir dulu sebelum menerima penawarannya. Justru ketika tawaran yang diberikan terlalu mudah, sahabat LPS harus hati-hati. Contohnya waspadai kalau jaminan persetujuan kredit bisa dilakukan hanya dengan telepon.

Tidak Terdata di OJK

Sahabat LPS harus mau melakukan cek dan ricek terlebih dulu sebelum memilih KTA. Ketahui dulu institusi penyedianya. Cari tahu apakah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau tidak. Jika tidak ada di sana, lebih baik tidak menggunakannya karena tidak ada jaminan keamanan.

Share :

Equity Tower Lt 20-21, Sudirman Central Business District (SCBD) Lot 9 Jalan Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Jakarta 1 2190 , Indonesia
E-mail: humas@lps.go.id - Phone: +62 21 515 1000 (hunting) - Fax: +62 21 5140 1500/1600